Senin, 23 Oktober 2017

Pengertian sistem informasi manajemen



A. Pengertian Sistem
       
         Sistem berasal dari bahasa Latin systēma atau bahasa Yunani sustēma yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

 Berikut adalah beberapa pengertian sistem menurut para ahli :


1. L. James Havery

Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

2. Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian/sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya ikut merasakan ketergangguan tersebut.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

  1. Perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah di tubuh.
  2. Susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dsb. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb);
  3. Metode. Contoh: pendidikan (klasikal, individual, dsb)

4. Musanef

Sistem adalah suatu sarana yang menguasai pekerjaan dan keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

5. Gordon B. Davis

Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran dan maksud.

6. Poerwadarminta

Sistem adalah sekelompok bagian-bagian berupa alat dan lain sebagainya yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.

7. Salisbury

Sistem adalah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.

8. Murdick, R. G

Sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur atau berbagai bagan pengolahan untuk mencari sebuah tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data maupun barang untuk menghasilkan suatu informasi.

9. John Mc Manama

Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

10. Davis, G. B

Sistem adalah sekumpulan elemen yang beroperasi secara bersama untuk menyelesaikan dan mencapai sasaran tertentu.

B. Pengertian Informasi


Kata Informasi sering kali dikaitkan dengan teknologi, misalnya istilah ‘Teknologi Informasi’ yang cukup familiar bagi telinga. Namun informasi sendiri memiliki makna yang luas, dan tidak hanya berkaitan dengan bidang teknologi saja. Secara etomologi, Informasi berasal dari kata “informationem” yang merupakan bahasa Latin. Kata ini memiliki arti konsep, ide atau garis besar. Informasi merupakan kumpulan data atau fakta yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerima informasi.
ads
Kegunaan informasi ini misalnya memberikan keterangan atau pengetahuan, atau bisa juga sebagai bahan dalam membuat suatu keputusan. Dengan adanya informasi tingkat pengetahuan mengenai hal yang bersangkutan akan bertambah, dengan kata lain menurunkan ketidak pastian. Oleh sebab itu dengan adanya informasi, seseorang dapat mengetahui kondisi objektif masalah sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat; sesuai dengan gambaran kejadian yang diberikan informasi.
 Berikut adalah beberapa pengertian informasi menurut para ahli :

1. Abdul Kadir, McFadden, dkk
Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden, informasi merupakan data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.
2. Anton M. Moeliono
Anton M. Moeliono juga mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya  Anton M. Moeliono juga menyatakan bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu.
3. Azhar Susanto
Dalam buku Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.
4. Barry E. Cushing
Dalam buku Accounting Information System and Business Organization, Barry E. Cushing menyatakan bahwa infromasi merupakan suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.
5. Burch & Strater
Menurut Burch dan Strater, informasi didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.
C. Pengertian Manajemen 
           Setiap pekerjaan, tentu memiliki sebuah organisasi atau kelompok, di mana beberapa orang akan bergabung menjadi sebuah tim, yang akan melakukan sebuah pekerjaan. Tentu, dengan adanya tim ini, sebuah pekerjaan yang ada dalam sebah instansi, akan terasa lebih mudah. Di dalam tim ini, biasanya akan ditemukan sistem manajemen. Manajeman sendiri merupakan sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan orang lain. Dalam sebuah manajemen, akan dipimpin oleh seorang manajer, yang akan melakukan tugasnya untuk mengatur dan mengarahan orang lain, yang merupakan anak buahnya untuk meyelesaikan pekerjaan yang telah diatur dalam sebuah prosedur. Namun, pengertian manajemen ini bukan hanya berhenti di situ saja. Banyak para ahli mengatakan, bahwa manajeman memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda-beda.
       Di era globalisasi seperti sekarang, di mana eranya bisnis dan ekonomi menguasai pasar dunia, memang wajar saja menghasilkan banyak pengertian tentang manajemen. Tentu, sampai saat ini muncul banyak sekai pakar atau ahli di bidang tersebut, untuk menyampaikan ide atau gagasannya guna membuat ilmu manajemen yang mereka kuasai semakin berkembang. Jika anda telusuri, tentu setiap ilmu manajeman memiliki arti yang berbeda, tergantung pada porsi dan penempatannya. Namun , jika kita mengamati lebih detail, pengertian-pengertian tersebut memiliki arti yang tak terlalu berbeda. Inti dari semua pengertian manajemen tersebut ialah sama, yang bertujuan untuk membuat sebuah pekerjaan akan memiliki kualitas dan penyelesaian yang sesuai dengan prosedur. Di sini, kami akan mencoba untuk membagi beberapa pengertian manajemen munurut para ahli. 
D. Pengertian sistem Manajemen Informasi


 Sistem informasi manajemen atau biasa disebut “SIM” (dalam bahasa Inggris adalah Management Information System, MIS) merupakan suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, teknologi, dokumen dan juga prosedur oleh akuntansi manajemen untuk bisa memecahkan masalah bisnis. Contohnya seperti layanan, biaya produk atau juga suatu strategi bisnis.
         Sistem informasi manajemen tersebut bisa dibedakan dengan sistem informasi biasa disebabkan SIM ini digunakan untuk bisa menganalisis sistem informasi lain yang digunakan pada suatu aktivitas operasional dalam suatu organisasi. Jika dilihat dari sisi akademis, istilah SIM biasanya digunakan untuk merujuk pada suatu kelompok metode manajemen informasi yang berhubungan dengan otomatisasi atau bisa juga dukungan terhadap pengambilan suatu keputusan manusia. Adapun contohnya meliputi tentang sistem informasi eksekutif, sistem keputusan dan sistem pendukung keputusan.
Pengertian SIM Menurut Para Ahli :
  1. Dalam buku Accounting Information System, Bodnar dan Hopwood (1993) mengemukanan bahwa pengertian SIM adalah suatu kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk bisa mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
  2. Dalam buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages (Teknologi Informasi untuk Manajemen Strategi untuk Membuat Koneksi Keuntungan), Turban, McLean dan Waterbe (1999) memberikan pendapat bahwa pengertian SIM adalah suatu sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan juga menyebarkan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik.
   Berikut ini tujuan dari sistem informasi manajemen.
  1. Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
  2. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.
       Dari Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dana pengguna lainnya, perlu memiliki akses menuju informasi akuntansi manajemen dan juga mengetahui bagaimana cara untuk dapat menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen tersebut bisa membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPONEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Pengertian  Flowchart Flowchart  adalah sebuah program untuk menggambarkan urutan dari suatu prosedur pemecahan masalah yang dituliskan d...